PICTURES SLIDE SHOW

Rabu, November 07, 2007

Wasiat Luqman

WASIAT LUQMAN
Akidah
Masalah aqidah adalah masalah yang paling penting dalam kehidupan seorang Muslim. Aqidah adalah asas bagi pembangunan Islam. Dewasa ini kita dapati banyak penyelewengan terjadi yang kesemuanya bersumber pada pemahaman akidah yang dangkal. Luqman memulai nasihatnya dengan kalimat, “Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan Allah adalah benar-benar kezaliman yang besar.” (QS Luqman [31:13])
Kebanyakan orang tua sekarang tidak menekankan pelajaran tauhid kepada anak-anak.bukan hanya itu, bahkan ada juga orang tua yang tidak mengenal pelajaran tauhid. Siapakah yang harus dipersalahkan sekiranya anak-anak generasi muda mudah tergelincir keimanannya?

Berbakti pada orang tua
Dalam surat berikutnya, Allah menekankan pentingnya berbakti pada orang tua. “Dan kami wajibkan manusia berbuat baik kepada kedua ibu bapaknya, ibunya telah mengandungkan dalam keadaan lemahyang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku, dan kepada dua ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.”
Ibu bapak mempunyai kedudukan yang paling istimewa. Mereka menduduki tempat yang kedua sesudah beriman kepada Allah dan Rasulullah. Kepada ibu bapak adalah kewajiban atas setiap anak.

Mendirikan shalat
“wahai anakkku! Dirikanlah shalat.” (QS Luqman [31]:17). Islam memberikan keutamaan yang sangat besar kepada shalatyang tidak pernah diberikan kepada ibadat lain. Shalat adalah tiang agama, sebagaimana sabda Rasulullah SAW: “pokok pangkal sesuatu adalah Islam, tiangnya adalah shalat.” (HR Bukhari). Shalat yang dikehendaki oleh Islam bukanlah sekedar berkat-kata yang diucapkan oleh lidah dan pergerakan badan, tapi yang khusuk dan mampu mencegah dirinya dari perbuatan keji dan munkar.
Dari segi kejiwaan, shalat memberikan ketenangan dan kekuatan bagi jiwa seseorang. Daripada segi kesehatan, ia mendidik seseorang supaya menjaga kebersihan dan melatih badan agar senantiasa segar. Dari segi kemasyarakatan, shalat mendidik persamaan dan persaudaraan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar